Tugas Kuliah: Kesehatan yang Memprihatinkan di Pedesaan Miskin

Kesehatan yang Memprihatinkan di Pedesaan Miskin

Kesehatan yang Memprihatinkan di Pedesaan Miskin

Negara Indonesia ini adalah bangsa yang masih muda kultur dan perekatnya masih belum kokoh.Kedaulatan Negara tidak mungkin  dilaksanakan semata-mata dengan kekuatan militer,tetapi harus dihadirkan juga dalam kegiatan kegiatan sosial ekonomi dilapangan.Kalau tidak dijaga dengan baik jangan berpikir Indonesia bisa bertahan lama.Bangsa Indonesia saat ini baru memuliakan Pancasila dalam kata,akan tetapi mengkhianati dalam perbuatan,yang lebih memprihatinkan orang orang yang memiliki kepedulian tidak begitu banyak.


Sebagian lagi malah merasa seakan normal,padahal pengangguran semakin merajalela,kesejahteraan dan kesehatan masih terlihat memprihatinkan,ditambah lagi dengan tidak saling percaya.Padahal pancasila merupakan ideology yang mengajarkan kita untuk saling membuka hati dan diri untuk orang lain yang membutuhkan seperti rakyat kecil yang semakin terpuruk karena biaya yang tidak mencukupi untuk lebih memperhatikan kesehatan mereka, menahan rasa sakit yang sudah semakin menyiksa.
 Semua seakan jauh dari harapan ideology Bangsa Indonesia agar tidak ada yang tersingkir dengan adanya kesenjangan social di Indonesia ini. Tetapi seharusnya pemerintah mengambil kebijkan untuk lebih memperhatikan kesehatan masyarakat, karena kesehatan merupakan hal yang sangat penting sehingga Pancasila  itu benar- benar terasa yaitu berperiketuhanan dan kemanusiaan.
Saat ini ada tiga permasalahan strategis Indonesia dalam upaya-upaya meningkatkan status kesehatan penduduknya yaitu(1) permasalahan yang terkait dengan terbatasnya jangkauan dan kualitas pelayanan kesehatan,(2)masih rendahnya pembiayaan dan (3)masih belum meratanya persebaran dan kualitas ketenagaan kesehatan.Penyelesaian masalah tersebut juga harus dibarengi dengan peningkatan sarana dan prasarana kesehatan yang harus didukung dengan pembiayaan kesehatan.Itu sebabnya biaya perawatan dan obat-obatan semakin mahal.Misal saja daerah pemukiman kumuh yang masih belum tersentuh teknologi.Disana tingkat kesehatan masih sangat rendah.
Faktor permasalahan utama disana yaitu tidak ada fasilitas buang air besar,kadang buang air besar sembarangan,sarana air bersih yang tidak memadai, kadang justru mengambil air dari sungai yang kotor,kurang pengetahuan akan kesehatan,contohnya tidak menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

PUSKESMAS (Pusat Kesehatan Masyarakat) yang mempunyai jaringan keberadaan yang luas di tanah air saat ini belum dimaksimalkan fungsinya.Jika fungsi puskesmas optimal maka akan meringankan beban rumah sakit, pelayanan Puskesmas juga harus ditingkatkan tidak hanya melayani penyakit ringan, tapi juga penyakit berat,jadi masyarakat miskin tidak perlu datang ke kota dan sekaligus dapat menghemat biaya kesehatan.
Perubahan demi perubahan dari kebijakan pemerintah dalam menangani masyarakat miskin ternyata tidak merubah dalam pemenuhan kebutuhan orang miskin,tetap saja mereka  mengalami kesulitan dalam memperoleh pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan di Indonesia dinilai telah diperdagangkan. Ironisnya,rumah sakit pemerintah pun disinyalir telah melakukannya.Padahal secara konseptual, sangatlah aneh sebuah rumah sakit yang dibangun dari dana publik, tetapi ketika rakyat sakit dan tidak mampu,mereka harus membayar terlebih dahulu. Bahkan tidak jarang bila tak ada uang, pelayanan tak diberikan hingga nyawa melayang.
Hal ini merupakan sesuatu yang harus dipertanyakan.Pemegang kedaulatan adalah rakyat,akan tetapi sebagian besar rakyat belum merasakan kedaulatan itu. Disaat kedaulatan mulai dipertanyakan apakah kita hanya diam duduk santai menikmati kemewahan. Negara menjadi maju itu karena rakyat,bagaimana bisa maju kalau belum terciptanya keadilan ditanah air ini.
Kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni untuk mencegah penyakit, memperpanjang hidup, mempromosikan kesehatan dan efisiensi dengan menggerakkan potensi seluruh masyarakat.Konsep kesehatan masyarakat berkaitan dengan perubahan perilaku sehat akan lebih terbentuk dan bertahan lama bila dilandasi kesadaran sendiri (internalisasi) sehingga konsep upaya sehat dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat sangat tepat diterapkan.
Sebagai mahasiswa ilmu kesehatan penerus bangsa,apakah kita hanya duduk diam melihat negara kita jatuh.Masa depan bangsa ada ditangan kita,kita harus menjaga kedaulatan bangsa dan Negara. Masalah utama yang menjadi kendala adalah medan yang sulit dijangkau,asingnya daerah tersebut dan terlebih lagi kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Oleh karena itu kita harus berpartisipasi dengan cara mensosialisasikan pentingnya kesehatan kepada masyarakat,lebih tinggi lagi dapat bekerja sama dengan pemimpin ditempat itu untuk gotong-royong membersihkan,mengatasi problematika kesehatan daerah tersebut dan menjaganya.
 Memang terkadang membicarakan kesehatan tidak ada habisnya,karena memang manusia adalah makhluk yang dari segi sistem sangat sempurna baik dari segi ke-Tuhanan maupun sebagai tempat bernaungnya virus maupun bakteri.Mari kita sebagai pecinta dunia kesehatan selalu dan selalu membahas ilmu kesehatan dan kalau bisa berikan yang terbaik tanpa ada niat ingin ada bayaran. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tugas Kuliah Urang-kurai