Tugas Kuliah: PENGARUH ASAM FOLAT BAGI KESEHATAN

PENGARUH ASAM FOLAT BAGI KESEHATAN



BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Kehamilan adalah peristiwa kodrati bagi perempuan, seorang akan mengalami perubahan dalam dirinya baik fisik maupun psikologi. Status gizi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan pada masa kehamilan, karena status diet dan nutrisi ibu hamil mempunyai dampak langsung pada perjalanan kehamilan dan bayi yang akan dilahirkan.
Asam folat (vitamin B9) sangat penting bagi anda selama kehamilan, kekurangan asam folat dapat mengakibatkan anemia. Tambahan asam folat sangat diperlukan untuk janin kembar, spina bifida mungkin bisa dicegah jika calon ibu minum 0,4 mg asam folat sehari ini disarankan untuk semua wanita hamil khususnya mereka yang pernah melahirkan bayi dengan spina bifida (penonjolan sumsum dan tulang belakang).
Kekurangan asam folat pada ibu hamil berdasarkan penelitian bisa menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Bayi mengalami kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang. Sering kalo para ibu tidak menyadari dirinya kekurangan asam folat karena sebagian besar kehamilan terjadi tanpa direncanakan. Kekurangan asam folat terutama menyebabkan gangguan metabolism DNA, akibatnya terjadi perubahan dalam morfologi inti sel-sel yang cepat membelah, seperti sel darah merah, sel darah putih serta sel-sel epitel lambung dan usus, vagina dan serviks rahim, kekurangan asam folat menghambat pertumbuhan menyebabkan anemia megaloblastik dan gangguan darah lain, peradangan  lidah (glositis) dan gangguan saluran cerna. Menurut WHO kejadian cacat bawaan fisik di Amerika Serikat (AS) 1,32 per 1.000 kelahiran salah satunya karena kekurangan asam folat.
Kekurangan asam folat menyebabkan bayi lahir dengan bibir sumbing, bayi lahir dengan berat badan rendah, Down syindrime, keguguran dan anencepalus. Bayi mengalami kelainan pembuluh darah rusaknya endokel pipa yang melapisi pembuluh sarah menyebabkan lepasnya plasenta sebelum waktunya.
Kelainan lainnya adalah bayi mengalami gangguan air besar dan kecil, anak tidak bisa berjalan tegak dan emosi tinggi. Pada anak perempuan saat dewasa tidak mengalami menstruasi. Pada ibu hamil kekurangan asam folat menyebabkan meningkatnya resiko anemia, sehingga ibu mudah lelah, letih, lesu, dan pucat.
Ada beberapa bukti multivitamin dan asam folat prakontrasepsi dasar membantu mencegah terjadinya defek tube neural dan wanita yang merencanakn untuk hamil harus disarankan untuk melakukan terapi tersebut. Menurut konsep evidence based bahwa pemakaian asam folat pada masa perikonsepsi menurunkan resiko kerusakan otak, kelainan neural, spina bifida, dan anencepalus, bak pada ibu hamil yang normal maupun yang beresiko. Asam folat juga berguna untuk membantu produksi sel darah merah, sintetis Deoxyribonucleis Acid (DNA) pada janin dan pertumbuhan plasenta.


B.Rumusan Masalah
a. Apa definisi asam folat ?
b. Apa pengaruh asam folat bagi kesehatan ?
c. Apa penyebab kekurangan Asam Folat dalam tubuh?
d. Apa gejala kekurangan Asam Folat dalam tubuh ?
e. Bagaimana komplikasi kekurangan Asam Folat ?
f.  Bagaimana cara pengobatannya ?
c. Apa saja sumber makanan yang mengandung asam folat ?

C.Tujuan
Tujuan  dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah kimia kesehatan dan untuk informasi serta pengetahuan bagi pembaca.









BAB II
PEMBAHASAN
A.Definisi Asam Folat (C19H19N7O6)
Asam folat merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang dapat diisolasi dari daun hijau ( seperti bayam ), buah segar, kulit, hati, ginjal, dan jamur. Asam folat disebut juga dengan folacin/liver lactobacillus cosil factor/factor U dan factor R atau vitamin B11.
Asam folat adalah garam dari folic acid atau pteroyglutamate. Kerja dan pemakaiannya sama dengan folic acid, tetapi garam ini khususnya dipakai melalui parenteral. Kata asam folat berasal dari bahasa latin yang berarti daun.
B.Pengaruh Asam Folat Bagi Kesehatan

Vitamin yang larut dalam air ini mempunyai banyak fungsi terutama dalam pembentukan sel di dalam tubuh. Pada anak –anak dan orang dewasa, fungsi asam folat adalah untuk pembentukan sel darah merah, pembentukan sel otak, dan pencegahan anemia. Sedangkan untuk ibu hamil, asam folat sangat penting peranannya karena asam folat akan mencegah terjadinya cacat bayi tabung. Selain itu asam folat juga mencegah terjadinya cacat pada system saraf. Untuk ibu hamil, konsumsi asam folat cukup 0,4 sampai 0,8 mg per hari dan ini akan membuat pengurangan resiko bayi lahir cacat hingga 80 %.
Folic acid penting untuk pembentukan neuclic acid dan inti sel. Kekurangan folic acid menyebabkan sintesa neuclic acid tidak adekuat sehingga menyebabkan anemia megaloblastik    ( anemia pernisiosa ). Folic acid dapat merangsang produksi leukosit yang dipakai sebagai obat likopeni agrositosis. Cadangan folic acid dalam tubuh sangat sedikit, antara 5-10 μg. Dan dalam diet folat bebas batas dari dalam darah antara 2 minggu, dan pertukaran megaloblastik terlihat dalam tulang setelah 20 minggu. Hal ini sangat berbeda dengan cadangan vitamin B12 yang berakhir secara individual sekurang-kurangnya 5 tahun.
Kebutuhan akan folic acis sampai 50-100 μg/hari pada wanita normal dan 300-400 μg/hari pada wanita hamil sedangkan hamil kembar lebih besar lagi. Hamil memerlukan pembelahan sel dalam perkembangan janin dan organ, ibu memerlukan folic acid. Pemberian folic acid biasanya non toxic dimana alergi ( seperti ruam, gatal ) sangat jarang terjadi.
C.Penyebab Kekurangan Folic Acid Dalam Tubuh
·         Diet rendah folat , bisa disebabkan oleh mutu makanan, jenis makanan, dan penyediaan makanan.
·         Sakit berat, gangguan gastro intestinal dan antibiotic oral menyebabkan gangguan absorbsi asam folat dalam usus.
·         Kekurangan vitamin C, penyakit hepar menyebabkan cadangan energy berkurang.
·         Muntah pada ibu hamil, terutama hamil kembar menyebabkan kebutuhan akan folic acid meningkat.
·         Anemia hemolitik seperti pada malaria,menyebabkan terjadinya eritropoisis dan perkisaran berlebih dari sel darah merah sehingga permintaan folic acid meningkat defisiensi didalam haemoglobinopati
·         Pemakainan obat-obatan antikonvulsan, alcohol, dan pada ibu dengan preeklamsi-eklamsi.
D.Gejala Kekurangan Asam Folat Dalam Tubuh
a) Gejala Klinis
·         Tanda-tanda gejala utama : lesu, lemas, susah bernafas, oedem, nafsu makan menurun, depresi, dan mual.
·         Kadang-kadang pucat, glositis, dan diare.
·         Pada kasus yang berat dijumpai seperti kasus malnutrisi.
b) Gejala Laboratorium
·         Gejala pernisiosa anemia murni (kekurangan vitamin B12), jarang terjadi.
·         Pada yang berat,Hb rendah :4-6 gm/100 ml.
·         Eritrosit : 2 juta/ mm3, bisa terjadi leukopeni/trombositopeni.
·         Leukosit perifer dominant bentuk segmen.
·         Pemeriksaan figlu test positif, terutama pada ibu hamil.
·         Sumsum tulang hiperplastik/megaplastik (aspirasi sumsum tulang Krista iliaka) pada ibu hamil.
·         Hitung jenis bergeser kekanan, sel darah merah dalam bentuk makrositosis dan poikilositosis.
E.Komplikasi kekurangan Asam Folat
·         Infeksi sekunder, pendarahan, kematian janin rahim, dan kematian ibu.
·         Gangguan plasenta, abortus habitualis, solusio plasenta, dan kelainan congenital janin (neural tube defect).
Neural tube defect (NTD) merupakan kelainan bawaan pada otak, tulang  kepala, dan sumsum tulang belakang. Kelainan bawaan ini disebabkan oleh gangguan pembentukan saluran saraf pusat pada periode organogenesis yaitu trisemester pertama kehamilan terutama 28 hari pascakonsepsi. NTD yang dimaksud disini adalah “isolated NTD”, yaitu hanya NTD yang merupakan kelainan bawaan tanpa disertai kelainan lain. Berdasarkan penelitian “isolated NTD” ini dapat dicegah frekuensinya dengan pemberian asam folat (folate preventable NTD).
Angka kejadian NTD berkisar antara 1,3-2 per 1000 bayi hidup di USA. Di Negara ini NTD merupakan kelainan jantung bawaan dan sebagai penyebab utama kematian bayi baru lahir atau cacat tubuh berat. Untuk menghindari terjadinya NTD pemberian asam folat diberikan pada masa perikonsepsi satu bulan sebelum konsepsi dan satu bulan post konsepsi, karena neural tube manusia menutup pada minggu ketiga post konsepsi.

F.Pengobatan

a)      Profilaksis : kekurangan asam folat ringan diberikan folat oral 300-400 μg/hari, disertai pemberian vitamin  dan diet tinggi protein. Di Amerika Serikat dianjurkan setiap produk makanan diberikan asam folat didalamnya.
b)      Kuratif diberikan pada folic acid anemia yang ringan secara oral 500-1000 gr/hari. Pada kasus yang lebih berat harus diberikan secara parenteral karena absorbs folic acid terganggu akibat kerusakan pada usus. Jika terjadi pada akhir kehamilan, maka tranfusi darah dibutuhkan.
c)      Untuk wanita yang mempunyai riwayat melahirkan bayi dengan NTD, diberikan folic acis 4 mg per hari selama kehamilan

G.Sumber Makanan yang Mengandung Asam Folat
Kita bisa memperoleh asam folat secara alami dari makanan yang banyak kita temui sehari-harinya,seperti berikut :
1)      Sayuran berwarna hijau tua seperti : bayam, kangkung, selada, asparagus, brokoli.
2)      Kacang-kacangan seperti : kacang merah, kacang kedelai, kacang hijau, termasuk juga selai kacang.
3)      Biji-bijian seperti : gandum, beras, cereal, oatmeal, termasuk juga roti gandum.
4)      Buah-buahan seperti : papaya, nanas, jeruk, pisang, dan stroberi.
5)      Daging seperti : hati, ginjal, dan beberapa organ dalam hewani lainnya. Walaupun asam folat banyak ditemukan pada sayuran, buah dan biji-bijian, dan produk daging, tetapi sulit untuk mendapatkan seluruh asam folat yang terkandung dalam makanan tersebut. Memasak makanan dengan panas tinggi dengan kompor atau microwave, atau terlalu banyak air akan mengurangi kandungan asam folat. Cobalah untuk makan sayuran yang dikukus sebentar atau mentah.


BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
1)      Asam folat merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang dapat diisolasi dari daun hijau ( seperti bayam ), buah segar, kulit, hati, ginjal, dan jamur. Asam folat disebut juga dengan folacin/liver lactobacillus cosil factor/factor U dan factor R atau vitamin B11.
2)      Pada anak –anak dan orang dewasa, fungsi asam folat adalah untuk pembentukan sel darah merah, pembentukan sel otak, dan pencegahan anemia. Sedangkan untuk ibu hamil, asam folat sangat penting peranannya karena asam folat akan mencegah terjadinya cacat bayi tabung.
3)      Mutu makanan, jenis makanan, dan penyediaan makanan berpengaruh atas proses produksi asam folat dalam tubuh.
4)      Tanda-tanda gejala utama : lesu, lemas, susah bernafas, oedem, nafsu makan menurun, depresi, dan mual.
5)      Komplikasi kekurangan asam folat dapat menyebabkan infeksi sekunder, pendarahan, kematian janin rahim, dan kematian ibu.
6)      Pengobatan dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu : Profilaksis yaitu diberikan folat oral 300-400 μg/hari, disertai pemberian vitamin  dan diet tinggi protein , Kuratif diberikan pada folic acid anemia yang ringan secara oral 500-1000 gr/hari, dan Untuk wanita yang mempunyai riwayat melahirkan bayi dengan NTD, diberikan folic acis 4 mg per hari selama kehamilan.
7)      Makanan yang mengandung asam folat yaitu sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan daging.
B.Saran
           Jangan memasak makanan dengan panas tinggi dengan kompor atau microwave, atau terlalu banyak air karena akan mengurangi kandungan asam folat. Cobalah untuk makan sayuran yang dikukus sebentar atau mentah.

DAFTAR PUSTAKA

http://kesehatan.kompasiana.com/makanan/2012/12/04/manfaat-utama-vitamin-b9-asam-folat-513449.html (diakses pada tanggal 18 Desember 2012 pukul 20.04 WIB)
http://www.usu.ac.id/id/files/pidato/ppgb/2006/ppgb_2006_t_m_hanafiah.pdf (diakses pada tanggal 18 December 2012 pukul 20.36 WIB)
http://informasitips.com/asam-folat-penting-untuk-kesehatan(diakses pada tanggal 18 December 2012 pukul 21.13 WIB)
http://kebidananaskeb1.blogspot.com/2012/06/makalah-asam-folat.html(diakses pada tanggal 18 December 2012 pukul 21.37 WIB)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Tugas Kuliah Urang-kurai